Apa Itu Jasa Pengurusan Import Barang? Ini Penjelasannya

Jasa pengurusan import barang merupakan salah satu layanan jasa penunjang kegiatan perdagangan internasional. Di mana seperti yang kita ketahui, kegiatan import barang melibatkan dua negara berbeda dengan terikat berbagai aturan yang berlaku.

Pada hakikatnya, kegiatan ekspor-import sangatlah penting bagi suatu negara berkaitan dengan kegiatan ekonominya. Namun karena menghubungkan dua negara, kegiatan ini diatur dan dilaksanakan sedemikian rupa dengan ketetapan pemerintah. Akibat proses yang panjang dan rumit inilah, layanan jasa import lebih banyak digunakan.

Apa Itu Jasa Pengurusan Import Barang?

jasa pengurusan import murah

Nah, sebelum membahas mengenai jasa untuk pengurusan import barang, tahukah Anda apa itu import? Sederhananya, import dapat diartikan sebagai kegiatan memasukkan atau membeli barang yang berasal dari luar negeri guna memenuhi kebutuhan dalam negeri. Dengan catatan, kegiatan ini harus dilakukan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang diberlakukan oleh pemerintah negara terkait.

Jika diperhatikan, pada dasarnya kegiatan import adalah kegiatan jual beli biasa. Namun karena terjadi antar dua negara maka pengiriman barang tidak dapat dilakukan sendiri. Sehingga dibutuhkan bantuan dari banyak pihak lain, termasuk dari penyedia layanan jasa pengurusan import barang. Jasa ini merupakan salah satu jenis usaha layanan jasa yang membantu kepengurusan segala keperluan di dalam proses import barang. Mulai dari awal pengiriman hingga barang sampai ke tempat tujuan.

Untuk dapat melakukan import, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh importir maupun layanan pengurusan import.  Syarat-syarat tersebut diantaranya yaitu:

  1. Memiliki izin impor, seperti:
  • API (Angka Pengenal Impor) sebagai importir umum
  • APIS (Angka Pengenal Impor Sementara), berlaku selama jangka 2 tahun
  • API (S), produsen dalam perusahaan diluar PMA ataupun PMDN
  • APIT (Angka Pengenal Impor Terbatas), diperuntukkan bagi perusahaan PMA/PMDN
  1. Harus Importir

Importir merupakan orang, badan atau pengusaha yang bisa melakukan kegiatan perdagangan melalui eksport sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  1. Komoditas Impor

Merupakan semua jenis barang yang sudah terdaftar sebagai barang impor dan juga sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Macam-Macam Jasa Pengurusan Import Barang Yang Perlu Anda Ketahui

Jasa Pengurusan Import Barang

Layanan jasa import dibagi menjadi tiga macam, yaitu jasa import door to door, jasa import port to port dan jasa import barang undername. Adapun untuk penjelasannya, perhatikan ulasan berikut ini:

  1. Layanan Import Door to Door

Secara harfiah, door to door bisa diartikan sebagai dari pintu ke pintu. Artinya dalam pengeriman ini, penjual atau pengirim (eksportir) mempunyai kewajiban untuk mengirimkan barangnya ke penerima (importir) tidak hanya sampai ke pelabuhan saja melainkan sampai gudang tempat penerima akan menyimpan barang. Jasa pengurusan import ini merupakan salah satu cara untuk importir yang ingin menempuh jalur cepat tanpa repot dengan urusan kepabeanan.

  1. Jasa Import Port to Port

Pada model jasa import port to port, tanggung jawab dari pengirim hanya untuk mengirimkan barang sampai ke pelabuhan. Untuk selanjutnya apakah barang tersebut diambil atau tidak, itu bukan menjadi urusan penjual.

  1. Import Barang Undername

Dalam hal ini, kegiatan import dilakukan atas nama perusahaan lain yang telah memiliki izin resmi import (Freight Forwarder). Di mana setelah barang sampai di pelabuhan, pihak freight forwarder akan memberikan jasa customs clearance untuk mengurus dokumen. Dalam undername import, perusahan tersebut hanya sebagai pemberi nama sedangkan pelakunya adalah perusahaan lain.

Apabila membutuhkan jasa pengurusan import, Anda bisa menggunakan layanan jasa PT Bina Cakra Apindo dengan mengakses web-nya di https://ptbinacakraapindo.com/. Perusahaan ini menawarkan berbagai macam layanan jasa yang akan membantu Anda mengurus segala kebutuhan yang berhubungan dengan import.