5 Tips dan Cara Beli Pallet Kayu Baru yang Berkualitas

Beli pallet kayu baru itu sebenarnya butuh beberapa tips ataupun cara. Terlebih untuk Anda yang masih pemula dan belum sama sekali pernah membeli pallet kayu.

Dan berikut ini akan kami sajikan beberapa cara membeli palet kayu baru yang memiliki kualitas terbaik.

Namun sebelum itu, perlu diketahui selain ada jenis pallet yang baru, adapun pallet yang bekas. Jika dari harga, tentu lebih mahal pallet kayu baru.

Namun perbedaan bekas dan baru itu sendiri terletak di cara pembuatan palet tersebut.

Bedanya, palet bekas tidak diserut, tapi palet kayu baru diserut dan permukaannya menjadi mulus.

Tips Beli Pallet Kayu Baru Berkualitas

 Ada beberapa tips, dan di bawah ini kami paparkan untuk Anda.

  • Memilih jenis bahan yang dapat digunakan

Pallet kayu pastinya menggunakan bahan dasar kayu. Sementara itu pembagian jenis bahan kayu ada dua, yaitu bahan kayu yang keras dan lunak.

Kayu yang lunak dan keras mempunyai struktur yang berbeda serta ketahanan yang berbeda.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

  • Kayu lunak

Kayu ini kebanyakan berasal dari pohon albasia dan jabon. Saat ditekan akan meninggalkan bekas guratan karena kelunakannya, namun tetap kuat untuk menahan beban. Saat diserut, permukaannya ini akan tampak berserabut, karena strukturnya sendiri memiliki lubang pori yang besar dan terputus-putus.

  • Kayu keras

Kayu yang digunakan memakai jenis kamper, meranti dan rimbah campur. Kebalikannya kayu lunak, saat ditekan ia tidak meninggalkan guratan. Tampilan seratnya sendiri berbentuk bulat telur atau spiral yang membuat ikatan antar pori sangat kuat. Dan saat diserut, kondisinya sudah bisa langsung halus meskipun belum diamplas.

Setelah tahu bagaimana karakteristik masing-masing, Kini anda mengetahui bagaiamana beli pallet kayu terbaru beserta jenis yang cocok untuk kebuthan anda ?

beli pallet kayu baru

  • Mengetahui beban yang dapat ditopang pallet kayu

Papan bagian depanlah yang paling memberikan peran penting pada daya topang pallet kayu ini. Selain itu, ketebalan pallet normalnya adalah 1 sampai 10 cm. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Semakin tebal pallet, maka semakin kuat kayu itu menopang beban berat Anda.

Dalam hal ini, mengetahui jenis barang yang mau diangkat pun juga penting. Untuk lebih jelasnya, tanyakan kepada jasa bersangkutan yang lebih tahu menahu soal urusan beban maksimal yang dapat ditopang pallet kayu.

  • Memilih ukuran yang tepat

Ukuran ini juga berperan penting dalam kapasitas gudang Anda dalam menampung semua pallet yang ada di dalamnya. Agar pas, tidak kesempitan atau menyisakan ruang yang terbuang-buang, setidaknya coba diukur dulu luas gudang serta perkiraan ukuran pallet Anda nanti.

Untuk masalah ukuran ada beberapa standar yang bisa kalian pilih. Seperti yang berlaku secara internasional.

  1. Pallet kayu Eropa: 1000 mm x 2000 mm
  2. Pallet kayu Eropa: 800 mm x 1200 mm
  3. Pallet kayu Asia: 1100 mm x 1100 mm
  4. Pallet kayu Australia: 1165 mm x 1165 mm

 

  • Memilih model sebelum memutuskan beli pallet kayu baru sesuai kebutuhan

Terdapat 2 model. Yaitu pallet kayu 2 way dan pallet kayu 4 way.

Pallet kayu 2 way dapat diangkat dari dua arah saja. Yaitu depan dan belakang. Sementara pallet kayu 4 way, dapat mengangkat pallet dari arah mana saja. Pastinya lebih fleksibel dan mudah mengangkat beban dari depan, belakang, kanan atau kiri.

  • Menemukan tempat jual pallet kayu berkualitas

Poin ini sangat penting, dan harus diikuti karena ini lah kunci dimana kalian bisa memperoleh tempat jual pallet kayu baru dengan kualitas terjamin.

Yaitu dengan mengunjungi Purwa Talenta. Sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang pembuatan pallet ataupun box kayu dengan kualitas terjamin, serta layanan yang memuaskan.

Pesan sekarang juga!